Posted on

Inilah Kandidat Tiga Nama Pelatih Terbaik 2015

Inilah Kandidat Tiga Nama Pelatih Terbaik 2015

Inilah Kandidat Tiga Nama Pelatih Terbaik 2015

FIFA telah mengumumkan tiga nama yang menjadi calon pelatih terbaik tahun 2015. Mereka adalah Luis Enrique, Pep Guardiola, dan Jorge Sampaoli.

Enrique masuk daftar finalis berkat kesuksesan Barcelona meraih tiga gelar pada 2014-15. Itu adalah kali kedua Barca meraih treble dalam sejarah mereka.

Sementara itu, Guardiola membawa Bayern Muenchen sebagai juara Bundesliga untuk kali kedua secara beruntun. Ini merupakan kali keempat Guardiola masuk daftar tiga finalis. Dia sempat memenanginya pada edisi 2011.

Adapun Sampaoli mengantarkan Cile menjuarai Copa America 2015 dan menembus peringkat ketiga dalam ranking FIFA.

Tak ada nama Jose Mourinho dan Massimiliano Allegri dalam daftar finalis. Padahal, Mourinho menyumbang gelar Premier League dan Capital One untuk Chelsea, sedangkan Allegri memenangi Serie A dan Coppa Italia bersama Juventus.

Untuk kategori pelatih tim putri, tiga nama yang menjadi kandidat pelatih terbaik adalah Jill Ellis (pelatih timnas Amerika Serikat), Mark Sampson (pelatih timnas Inggris), dan Norio Sasaki (pelatih timnas Jepang). Ellis mengantarkan timnya jadi juara Piala Dunia Wanita 2015, sementara Sasaki dan Sampson masing-masing membawa timnya menjadi runner-up dan peringkat ketiga di ajang yang sama.

Pemilihan kandidat ini dilakukan melalui proses voting yang melibatkan kapten dan pelatih timnas, baik tim putra maupun tim putri, dan jurnalis dari 207 negara anggota FIFA. FIFA dan France Football juga memilih satu jurnalis dari setiap negara untuk menyumbang suara.

Pemenang bakal diumumkan pada malam seremonial Ballon d’Or di Kongresshaus, Zurich, Swiss, 11 Januari 2016. Pada momen ini, FIFA juga mengumumkan pemenang Ballon d’Or, Women’s World Player of the Year, dan Puskas Award.